Facebook “Clear History” dapat menjadi anugerah bagi pemasaran pencarian organik

Image result for facebook

Jasa iklan facebook

 

Dijuluki “Clear History,” sebuah posting Facebook Newsroom oleh wakil presiden dan kepala petugas privasi Erin Egan mengatakan bahwa fitur yang akan datang akan “memungkinkan Anda untuk melihat situs web dan aplikasi yang mengirimi kami informasi saat Anda menggunakannya, menghapus informasi ini dari akun Anda, dan matikan kemampuan kami untuk menyimpannya terkait dengan akun Anda selanjutnya ”.

Kemampuan untuk membatasi jumlah data yang dikumpulkan oleh pihak ketiga bukanlah hal baru. Mode Penyamaran Google Chrome akan berusia 10 tahun pada akhir 2018, dan peramban besar lainnya memiliki riwayat panjang dengan mode penjelajahan “pribadi” mereka sendiri. Selain itu, Google menawarkan alat yang memungkinkan Anda untuk menghapus sebagian atau semua data yang dikumpulkan Google tentang Anda.

Facebook mungkin tidak akan dapat mencapai tingkat privasi yang dicapai oleh Google dan browser web lainnya. Setelah semua, pengguna harus masuk ke Facebook untuk mengakses platform.

Namun, dengan menambahkan Clear History untuk membantu pengguna melindungi privasi mereka, Facebook telah mengambil langkah positif untuk mengatasi kekhawatiran yang timbul setelah skandal Cambridge Analytica. Prospek pemasar yang menggunakan Facebook, tampaknya kurang positif – untuk saat ini.
Siapa yang mengambil kue?

Browser internet tidak melacak atau menyimpan cookie dan data situs ketika pengguna memasukkan mode pribadi atau penyamaran. Berdasarkan pengumuman Facebook, Clear History akan bekerja dengan cara yang sama. Facebook mengatakan bahwa ia mengumpulkan data pengguna dan perangkat melalui cookie untuk berbagai tujuan, dari keamanan dan pengalaman pengguna hingga analitik dan penargetan iklan.

Bergantung pada seberapa banyak pengguna Facebook memanfaatkan Clear History untuk menghapus dan mencegah pengumpulan data, pengiklan Facebook dan perusahaan pemasaran media sosial dapat kehilangan kemampuan untuk menargetkan konsumen secara tepat berdasarkan kriteria geografis dan demografi yang sempit. Namun, tampaknya tidak mungkin Facebook akan mengizinkan Clear History untuk mengganggu aliran pendapatan iklan multi-miliar dolar.    Jasa iklan Instagram

Facebook mungkin mengambil risiko yang diperhitungkan bahwa sebagian besar konsumen tidak akan pernah meluangkan waktu untuk menggunakan Clear History. Dan Facebook mungkin percaya bahwa pengguna yang mencoba Clear History tidak akan melakukannya lagi setelah mereka menyadari bagaimana hal itu berdampak negatif terhadap pengalaman pengguna.

Namun, jika sejumlah besar pengguna Facebook memilih untuk Bersihkan Riwayat, pengiklan perlu menemukan opsi pemasaran alternatif untuk menarik perhatian, mendorong lalu lintas situs web, dan menghasilkan prospek.

Facebook tampaknya terjebak antara dua set harapan. Seruan keras di kalangan pendukung privasi dan pembuat peraturan untuk keamanan dan privasi yang lebih baik semakin keras dari sebelumnya. Sementara itu, pengiklan masih mendorong akses ke data yang meningkatkan kinerja iklan.  Jasa Iklan Facebook

Mengingat kejadian baru-baru ini, Facebook memprioritaskan tuntutan mantan kamp. Jika pemasar melihat ROI berkurang untuk kampanye iklan sebagai akibat dari perubahan ini, pemasaran pencarian organik menyediakan alternatif yang layak karena beberapa alasan.
Pendekatan alternatif untuk analitik

Google Analytics dan Facebook Analytics menunjukkan kumpulan data yang serupa tentang lalu lintas dan interaksi pengguna dengan situs web dan halaman, masing-masing:

Jumlah dan kualitas data di Facebook Analytics, Manajer Iklan, dan laporan lainnya dapat berubah dengan peluncuran Clear History. Pemasar akan menghadapi kesulitan dalam penargetan iklan karena penghapusan minat, perilaku, demografi, dan data psikografis dari pihak ketiga saat Facebook mulai mematikan Kategori Mitra di platform iklan.

Pemasar hanya akan melihat dampak nyata pada pelaporan setelah Clear History diluncurkan. Namun, seperti yang Anda lihat, Google Analytics melacak beberapa metrik yang sama, memungkinkan pemasar mendapatkan wawasan pemirsa di luar Facebook. Ini termasuk data tentang tindakan pengguna tertentu, termasuk kunjungan berulang ke situs web, halaman yang mereka akses, sumber rujukan, dan jenis perangkat.

Selain itu, data kueri di Google Search Console (yang dapat dihubungkan dengan Analytics) memberikan wawasan tentang istilah yang dimasukkan pengguna ke mesin telusur ketika mencari merek, layanan, dan produk.

Dengan menganalisis kueri penelusuran organik ini, Anda dapat mengidentifikasi tren dalam menjelajahi dan membeli perilaku. Karakteristik ini dapat menginformasikan kampanye organik dan berbayar dalam penelusuran serta periklanan video daring dan iklan serta strategi pemasaran media sosial.
Dibangun pada pencarian bermerek

Kehadiran kueri penelusuran yang signifikan untuk nama suatu sinyal bisnis yang direspon konsumen oleh merek dan secara aktif mencari tahu. Demikian pula, jika sebagian besar kueri penelusuran berpusat pada istilah tidak bermerek (titik nyeri, solusi, dll.), Ini juga menghadirkan peluang bagi bisnis untuk menampilkan diri sebagai jawaban atau otoritas pada industri mereka.

Anda dapat mengakses informasi ini secara gratis di platform seperti Google Analytics dan Search Console. Terlebih lagi, data berasal dari interaksi pengguna sehari-hari di hasil penelusuran organik, bukan aktivitas dalam platform jejaring sosial insular yang memberikan kemampuan kepada pengguna untuk membatasi ketersediaan data kepada pihak ketiga.