Festival Kapal Naga/Dragon Boat

Festival Kapal Naga/Dragon Boat

BACA JUGA : Lampion Terbang

Festividade Portugis melakukan Barco-Dragão
Festival Duanwu, yang juga sering dikenal, terutama di Barat, karena Dragon Boat Festival, adalah hari libur tradisional yang berasal dari China, terjadi di dekat titik balik matahari musim panas. Hal ini juga dikenal sebagai Zhongxiao Festival (bahasa Cina: 忠孝 節; pinyin: Zhōngxiàojié), memperingati kesetiaan dan kesalehan. Festival ini sekarang terjadi pada hari ke 5 dari kalender Cina tradisional yang ke 5, yang menjadi sumber nama alternatif festival ini, Double Fifth Festival. Kalender China adalah lunisolar, jadi tanggal festival bervariasi dari tahun ke tahun di kalender Gregorian. Pada 2016, terjadi pada tanggal 9 Juni; dan pada 2017, pada tanggal 30 Mei.

Nama Inggris yang biasa untuk liburan, “Festival Perahu Naga,” langsung diterjemahkan menjadi dua nama alternatif bahasa China untuk liburan, 龍船 節 (Lóngchuánjié) dan 龍舟 節 (Lóngzhōujié).

Nama resmi China dari festival ini adalah 端午节 di daratan, Malaysia dan Singapura, dan 端午節 di Taiwan, Hong Kong dan Makau. Hal ini diucapkan beragam dalam bahasa China yang berbeda. Dalam bahasa Mandarin, ini diromanisasi sebagai Duānwǔjié di daratan dan Taiwan; dalam bahasa Kanton, diromanisasi sebagai Tuen1 Ng5 Jit3 di Hong Kong dan Tung1 Ng5 Jit3 di Macao. Semua nama ini (menyala “Membuka Ketujuh”) mengacu pada posisi awalnya sebagai hari ketujuh (午 日, Wǔrì) yang pertama di bulan kelima (五月, Wǔyuè) dari kalender tradisional Tiongkok, yang juga dikenal sebagai 午 (Wǔ). Republik Rakyat Cina menggunakan “Festival Perahu Naga” sebagai terjemahan bahasa Inggris resmi dari liburan tersebut, sementara Hong Kong menyebutnya “Festival Tuen Ng” dan Macao menyebutnya “Festival Perahu Naga (Tun Ng ) “dalam bahasa Inggris dan Festividade melakukan Barco-Dragão (Tung Ng) dalam bahasa Portugis.

Di antara orang Vietnam, Singapura, dan Taiwan Hokkien, festival ini juga dikenal sebagai “Festival Bulan Kelima,” Festival Hari Kelima, “dan” Festival Dumpling “.

Di Indonesia, festival ini dikenal sebagai “Peh Cun”, yang berasal dari Hokkien (扒 船; pê-chûn).

BACA JUGA : Jual Lampion Terbang