Pengertian SNI, Cara Pendaftaran dan Tempat Uji SNI Resmi dari Kemendag

Pengertian SNI – Untuk menjalankan sebuah bisnis khususnya tipe bisnis produksi maka kita akan disuguhkan dengan berbagai macam kemungkinan dan peraturan yang ada. Baik salah satunya dari BPOM, pajak, SNI maupun yang lainnya. Beberapa hal bisa saja menjadi sebuah kewajiban dalam meakukannya. Oleh karena itu kita harus memahami secara jelas mengenai alur dan tahapan-tahapannya ketika hendak melakukan hal tersebut.

Sebelum dari semua itu, disini saya akan membahas dulu apa itu SNI. SNI adalah Standar Nasional Indonesia dimana ini merupakan bentuk perlindungan konsumen. Jadi setiap produk yang beredar di Indonesia hampir semua harus memiliki SNI. Tentu anda sebagai konsumen harus dilindungi bukan? Oleh karena itu ada beberapa lembaga yang menjadi penanggung jawab SNI disini.

Salah satu lembaga penanggung jawab SNI yang ditunjuk oleh kemendag / kementerian perdagangan adalah BPMB yang memberikan serifikasi SNI. Jadi disini merupakan pihak yang akan membantu setiap uji test SNI anda ataupun perusahaan anda.

Berapa Biayanya?

Biayanya mungkin saja beragam namun ada yang ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda bisa melihat langsung di website resmi mereka. Dipampang jelas perihal tarif dan biaya yang akan anda keluarkan untuk test SNI ini.

Bagaimana Cara Pendaftarannya?

Pastikan anda sudah memiliki produk karena tanpa produk tentu tidak bisa ditest. Selanjutnya anda bisa hubungi no telp atau datang ke kantor mereka. Nanti anda akan konsultasi terlebih dahulu (mungkin). Jadi ketika anda sudah mulai paham betul untuk hal tersebut maka anda bisa lanjut ketahapan selanjutnya seperti pembayaran ataupun tahapan lainnya.

Dimana Tempatnya?

Di Jakarta tempatnya ada di dekat Jakarta timur. Lebih tepatnya di jalan raya bogor Jakarta dan lebih tepatnya lagi anda bisa lihat juga diwebsite mereka sendiri.

Tentu saa dengan makin mudahnya uji SNI ini diharapkan masyarakat makin melek masalah SNI ini. Hal ini tentu saja untuk melindungi konsumen juga menambah kepercayaan masyarakat terhadap produk anda.  Ketika produk anda sudah lolos uji SNI maka penjualanpun akan semakin baik dan menarik kedepannya.