Tips Menambah Estetika Rumah Agar Lebih Fotogenik

Bicara soal desain interior rumah, tentu saja tak lepas dari unsur dekorasinya. Terlebih lagi jika Anda adalah tipe orang yang perfeksionis, pastinya Anda akan memperhatikannya secara detail. Hal ini dikarenakan unsur dekorasi mempunyai pengaruh terhadap estetika suatu ruangan dalam rumah.

Selain itu, unsur dekorasi juga harus menyesuaikan konsep rumah agar nilai keindahan ruang kian bertambah. Jika desain interior rumah Anda menerapkan “algoritma” semacam ini, maka bukan hal yang tidak mungkin jika hampir semua ruangan pada rumah Anda menjadi lebih fotogenik.

Nah, untuk menciptakan sebuah rumah fotogenik tersebut tentu tidak dilakukan secara instan. Semua butuh proses. Lantas, apa sajakah proses yang harus Anda lalui? Berikut tips-nya untuk Anda.

Ciptakan Harmoni Tiap Unsur Dekorasi Ruangan

Hipster style, white living room with sofa, pouf, carpet, bike

Usut punya usut, komposisi tiap unsur yang harmonis dan menyatu merupakan satu dari sekian kunci utama agar ruangan Anda tampak eye-catching. Perpaduan antara pola, tekstur, warna dan bentuk yang serasi akan menciptakan sebuah keindahan bernilai tambah.

Misal, Anda bisa memadukan lukisan dinding dengan cermin. Bisa juga dengan menambahkan beberapa furniture berkonsep minimalis jika rumah Anda memang bergaya desain minimalis.

Kuatkan Detail Warna

Penggunaan warna yang pas juga dapat menarik perhatian seseorang saat memasuki ruangan Anda. Jika Anda belum pernah bermain warna sama sekali, cobalah untuk mencari beberapa contoh rumah yang ada di internet.

Umumnya, desain rumah minimalis menerapkan warna satu tema dalam ruangan. Kemudian diselaraskan dengan warna-warna furniture yang terlihat dominan.

Pemilihan warna putih seolah menjadi primadona untuk menghadirkan nuansa sederhana pada ruangan. Tak lain, hal tersebut dikarenakan warna putih nampak elegan dan bisa diselaraskan dengan warna furniture apapun.

Penggunaan warna pastel seperti tosca atau hazelnut juga bisa menjadi solusi alternatif jika Anda kurang tertarik dengan warna putih. Intinya, warna apa pun yang Anda pilih sudah pasti menyatu dengan konsep ruangan.

Jika dirasa masih kurang “sreg”. Anda bisa menanyakan langsung kepada jasa arsitek terdekat. Misal, jika rumah Anda berada di Sidoarjo, maka cobalah berkonsultasi pada jasa arsitek Surabaya Sidoarjo. Sehingga Anda akan lebih dimudahkan dalam memilih warna yang sesuai selera dan kebutuhan terhadap ruangan.

Kenyamanan Tetap Prioritas Utama

Ketika Anda terlalu asyik mengatur desain interior rumah yang fotogenik, terkadang Anda sedikit mulai mengabaikan faktor kebutuhan dan kenyamanan ruangan itu sendiri. Padahal dua faktor tersebut begitu penting untuk mewujudkan rumah sehat dan ideal.

Ruangan yang nyaman ternyata memiliki pengaruh terhadap hasil foto yang Anda ambil. Karena sejatinya, rumah berfotogenik akan secara otomatis terlihat manakala ruangan Anda sudah nyaman dan menyatu dengan konsep desainnya.

Pemilihan Furniture Ruangan

Dalam menciptakan sebuah ruangan fotogenik, sangat diperlukan untuk menambahkan beberapa aksesoris atau furniture. Hal ini bertujuan untuk memperkuat konsep desain ruangan tersebut.

Rak Buku Unik

Rak buku bisa digunakan sebagai tempat meletakkan beragam ornamen dekorasi pada ruangan. Bisa juga sebagai dinding pemisah antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

Meja Artistik

Sudah menjadi hal yang lumrah jika meja banyak ditemui di hampir semua ruangan rumah. Meski demikian, pemilihan meja tidak boleh sembarangan. Pastikan Anda memilih meja dengan desain yang senada pada konsep ruangan. Seperti, meja minimalis untuk rumah desain minimalis dan lain sebagainya.

Nah, itulah sedikit tips tentang cara menciptakan rumah berfotogenik yang ideal. Semoga tips ini bisa menambah wawasan Anda dalam merancang desain interior rumah.