Informasi Lengkap Tentang Bunga Anggrek

Bunga anggrek adalah bunga yang unik, bunga anggrek mempunyai berbagai macam warna, ada bunga anggrek putih, merah muda, kuning, ungu serta banyak sekali lagi, bunga ini termasuk cukup unik karna mempunyai beragam jenis type. Anggrek juga satu diantara dalam grup tumbuhan rambat.

Bunga Anggrek mempunyai nama latin Orchidaceae, bunga inimerupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota type paling banyak. Type-jenisnya menyebar luas dari daerah tropika basah sampai lokasi sirkumpolar, walau beberapa besar anggotanya diketemukan di daerah tropika. Umumnya anggota suku ini hidup jadi epifit, terlebih yang datang dari daerah tropika. Anggrek di daerah beriklim tengah umumnya hidup di tanah serta membuat umbi jadi langkah menyesuaikan pada musim dingin. Organ-organnya yang relatif tidak tipis serta “berdaging” (sukulen) membuatnya tahan hadapi desakan ketersediaan air. Anggrek epifit bisa hidup dari embun serta udara lembap. Orchidaceae yaitu sumber ide dari nama kereta api Argo Anggrek, kereta api eksekutif yang melayani Surabaya Pasar Turi-Gambir.

Bunga Anggrek yang Indah

Anggrek Berdasar pada Type Pertumbuhan

Monopodial

Bunga anggrek ini cuma mempunyai satu batang serta satu titik tumbuh saja. Bunganya tumbuh dari ujung batang. Anggrek ini bisa diperbanyak dengan stek batang serta biji. contoh : Vanda sp., serta Phalaenopsis sp. (Anggrek Bulan).

Simpodial

Anggek ini mempunyai lebih dari satu titik tumbuh. Tunas baru keluar dari sekitaran batang paling utama. Bunga dapat keluar di pucuk atau bagian batang, namun ada pula yang keluar dari akar tinggal. Batangnya menaruh air cadangan makanan atau umbi semu. Anggrek ini bisa diperbanyak lewat cara split, pembelahan keiki, biji. Contoh : Dendrobium sp., Cattleya sp.
Anggrek Berdasar pada Tempat Tumbuh

Anggrek Epifit

Anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon beda tanpa ada merugikan tanaman inangnya serta memerlukan naungan dari sinar matahari. Akar anggrek menyerap makanan dari air hujan, kabut serta udara sekitaran. Contoh : Cattleya sp., Dendrobium sp., Vanda sp. Phalaenopsis sp.

Anggrek Terestial

Anggrek yang tumbuh di tanah serta memerlukan sinar matahari segera. akarnya ambil makanan dari tanah. Contoh : Phaius sp.

Anggrek Saprofit.

Anggrek yang tumbuh pada media yang memiliki kandungan humus atau daun-daun kering, dan menbutuhkan sedikit sinar matahari. Type ini tidak mempunyai daun serta klorofil. Contoh : Goodyera sp.

Anggrek Litofit.

Anggrek yang tumbuh pada batu-batuan atau tanah berbatu, serta tahan pada sinar matahari penuh. Anggek ini ambil makanan dari hujan, udara, humus. Contoh : Paphiopedilum sp.
Beberapa jenis anggrek hias

Penyebutan type anggrek hias umum dijelaskan dengan nama genusnya saja karna banyak hibrida antarspesies serta antargenus yang sudah di buat. Mengakibatkan, penamaan anggrek mempunyai seperti ketentuan spesial yang agak “menyimpang” dari ketentuan penamaan botani umum.

Tersebut disini beberapa nama genus anggrek hias popular :

Cattleya, bunganya besar serta spektakuler, tetapi susah dijaga
Dendrobium, tanaman hias paling popular dari pada beberapa jenis anggrek
Grammatophylum, anggotanya termasuk juga Grammatophyllum scriptum yang juga dikenal dengan nama lokal anggrek Papua raksasa
Oncidium, termasuk juga di dalamnya anggrek “golden shower”
Phalaenopsis, kepopulerannya mendekati Dendrobium. Anggrek bulan yaitu satu diantara typenya
Spathyphyllum, anggrek tanah
Vanda, umumnya jadi bunga potong