Inovasi Teknologi Pertanian Canggih Masa Kini

Inovasi teknologi pertanian saat ini sudah mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan yang konsen di bidang pertanian. Teknologi pertanian diciptakan dengan tujuan membantu proses bertani agar lebih cepat dan singkat dalam pengerjaannya. Kemunculan teknologi pertanian bukan berarti akan menggeser kedudukan seorang petani dalam mencari mata pencaharian. Melainkan inovasi teknologi tersebut mampu mempermudah kegiatan bertani. Teknologi pertanian banyak diciptakan oleh beberapa perusahaan dengan kemampuan yang berbeda-beda sesuai kebutuhan bertani. Bahkan, sekarang banyak universitas yang ingin mencetak generasi pembuat teknologi pertanian dengan memasukkan teknologi pertanian ke salah satu pilihan jurusan pendidikan. Para penerus generasi tersebut diharapkan mampu bersaing menciptakan teknologi pertanian yang lebih modern dan praktis untuk dalam negeri dibandingkan pencipta dari luar negeri.

Selain itu, Badan Litbang Pertanian telah merangkul para pencipta inovasi teknologi pertanian dalam negeri untuk kebutuhan pengembangan baik bertani maupun berkebun. Berikut 3 teknologi yang mampu membantu proses pertanian agar lebih praktis dan efisien :

  • Alat pengering cepat kedelai brangkasan, gunanya untuk mempercepat proses pengeringan yang mampu meningkatkan kualitas biji kedelai. Jadi, pada saat proses pengeringan biasanya membutuhkan waktu selama 8 hari. Menggunakan penemuan ini, mampu mengeringkan kedelai selama 1 hari dan kualitas kedelai akan tetap baik.
  • Drone pupuk gunanya mempercepat pemupukan pada tanaman hingga dijamin pupuk akan tersebar secara merata dan sesuai porsi.
  • Alat pembentuk buah terbuat dari kaca. Pasti anda aneh saat mendengarkan penemuan satu ini. Alat ini digunakan untuk kebutuhan membentuk buah sesuai keinginan kita. Lazimnya buah terbentuk secara alamiah saat pertumbuhan terjadi. Namun, buah bisa dibentuk menjadi bintang, kubus, bulat, lonjong sesuai keinginan dengan menggunakan alat ini yang terbuat dari kaca. Contoh : buah semangka bentunya bola, agar bisa dipotong dengan mudah dibentuk kubus.

Semua inovasi teknologi pertanian itu bisa kita jumpai di Indonesia, walaupun ada yang berasal dari negara lain. Tetapi, teknologi kita juga jauh lebih baik dari negeri lain. Terlebih negara Indonesia yang terkenal sebagai negara kaya akan sumber daya alamnya terutama pertanian dan perkebunan.