4 Cara Mengobati Faringitis Secara Alami

Faringitis adalah sebutan untuk sakit radang tenggorokan yang hampir pernah dialami oleh semua orang dan biasanya penderita juga terkena serangan flu. Faringitis disebabkan oleh beberapa jenis virus dan bakteri yang membuat infeksi terjadi pada kerongkongan dan memberikan rasa sakit saat berbicara, makan, atau bahkan menelan ludah.

Seperti yang diungkapkan di blog https://obatantibiotik.com/ faringitis bisa sembuh dengan sendirinya dengan mengonsumsi air secara cukup setiap harinya. Namun, ada beberapa pengobatan alami yang dapat Anda gunakan demi mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan Anda yaitu:

4 Pengobatan Alami Faringitis

Faringitis

1. Cuka Apel

Cuka yang dibuat dari sari buah apel dipercaya dapat membunuh semua virus dan bakteri yang bersarang pada tengorokan Anda. Selain itu, vitamin yang terdapat pada cuka apel juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh yang pastinya mempercepat proses penyembuhan infeksi tenggorokan.

Oleh karena itu bagi Anda yang menderita faringitis, dapat mencoba mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat untuk dikonsumsi setiap harinya.

2. Berkumur Air Garam Hangat

Anda semua pasti sudah tahu kalau sakit tenggorokan dianjurkan untuk minum air hangat dalam jumlah banyak untuk membunuh kuman dan bakteri pada tenggorokan. Tetapi, pernahkah mendengar berkumur dengan air garam hangat?

Sebuah penelitian di sebuah universitas ternama Amerika Serikat menemukan bahwa air garam dapat membantu membunuh bakteri pada kerongkongan jauh lebih efektif dari hanya air hangat saja.

Dengan membunuh bakteri yang bersarang pada tenggorokan, tentunya radang dapat lebih cepat teratasi.

3. Air Jahe

Rebusan air jahe dipercaya mempunyai sifat anti peradangan yang bisa menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh radang tenggorokan.

Cukup dengan merebus beberapa potong jahe dan mengonsumsinya bersamaan dengan madu maka sakit faringitis dapat dengan cepat diatasi.

4. Jangan Merokok

Bagi Anda yang merokok, kondisi radang akan semakin parah jika Anda menghisap rokok. Hal ini dikarenakan asap rokok dapat membuat bakteri dan virus pada kerongkongan berkembang dengan lebih cepat dan memperparah infeksi yang terdapat pada tenggorokan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita faringitis, sebisa mungkin hindari asap rokok agar radang bisa sembuh secraa cepat.