Cara Membersihkan Pompa ASI Model Elektrik

Anda yang memiliki bayi perlu menyediakan pompa ASI untuk digunakan memeras ASI, sehingga tidak ada kendala untuk memberikan ASI eksklusif. Jenis pompa ASI terdiri dari dua jenis manual dan elektrik. Ini cara membersihkan pompa ASI dengan model elektrik yang Anda gunakan dengan memperhatikan setiap bagiannya. Lakukan dengan bertahap dan perlahan.

Bagian Botol

Bagian alat pompa ASI yang perlu dibersihkan adalah botol susu. Botol ini merupakan wadah yang digunakan untuk meletakkan ASI. Cara membersihkannya dengan membuka semua bagian botol yaitu boto, dot, dan bagian kepala dotnya.

Anda dapat membersihkannya dengan air panas yang telah diberikan sabun. Sikat seluruh bagian botol yang sudah terpisah dengan menggunakan sikat yang lembut. Lakukan dengan baik sampai ke bagian terkecil. Lalu bilas botol dengan air panas agar semua kuman dan bakteri dapat menghilang. Perlu diingat saat mencuci botol jangan digabung denga piring kotor lainnya.

Sesekali Anda perlu pula membersihkan botol dengan melakukan perendaman botol. Ini merupakan salah satu cara mencegah adanya kuman, bakteri, dan jamur yang menempel pada botol. Cara merendamnya dengan menggunakan air panas yang mendidih ke dalam sebuah wadah. Biarkan beberapa saat sampai 30 menit untuk membuat botol menjadi bersih.

Keringkan botol yang telah dibersihkan dengan menggunakan kain lap yang lembut dan bersih tanpa digunakan untuk peralatan lainnya. Pastikan botol benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya agar tidak menimbulkan bau yang tidak nyaman.

Selang

Bagian pompa ASI elektrik yang perlu Anda bersihkan berikutnya adalah selang. Cara membersihkan pompa ASI untuk bagian selang ini dengan melepaskannya terlebih dahulu. Lalu cuci tanpa menggunakan sabun, cukup dengan air hangat saja.

Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu memasukkan air hangat ke dalam selang. Lakukan

berulang kali sampai tidak lagi terlihat adanya sisa ASI yang menempel. Setelah selesai, biarkan selang benar-benar kering sebelum kembali dipasang dengan bagian mesin pompa ASI yang lainnya. Jika Anda tidak hati-hati membuat risiko pada mesin yang bisa rusak karena korselet.

Kotak Penyimpanan ASI

Pada pompa ASI yang elektrik, Anda juga perlu membersihkan kotak penyimpanannya yang merupakan komponen penting dari alat. Kotak penyimpanan ini untuk membuat keamanan alat pompa ASI agar tidak mengalami kerusakan. Kotak ini biasanya diberikan saat pembelian alat atau Anda bisa membelinya sendiri. Ini menjadi salah satu cara agar alat pompa ASI tahan lama.

Cara membersihkan pompa ASI elektrik dapat digunakan lebih cepat dibandingkan pompa manual. Cara membersihkannya pun sedikit berbeda. Anda bisa mengikuti cara ini untuk menjaga kebersihan pompa ASI. Supaya lebih paham sebelum menggunakan pompa bisa membaca terlebih dahulu petunjuk pemakaian agar tidak bingung dan lebih aman tanpa risiko.