Resep & Cara Membuat Saus Steak Lada Hitam Simple

Cara Membuat Saus Steak – Masyarakat Indonesia rasanya sudah begitu familiar dengan menu makanan berbahan daging. Salah satu menu yang sangat populer adalah steak, masakan western yang sudah beradaptasi dengan lidah Indonesia.

Ada begitu banyak restoran maupun kafe yang menawarkan menu steak sebagai hidangan utama. Dengan rasa nikmat yang berbeda dari tiap restoran ataupun kafe, banyak penikmat steak yang dibuat ketagihan. Tak jarang beberapa konsumen pun memilih untuk kembali lagi guna mencicipi menu yang sama. Walaupun bukan makanan khas Indonesia, menu steak sudah mengikuti selera masyarakat. Biasanya pemilik restoran menerapkan cara membuat saus steak yang berbeda. Hal ini guna memberikan rasa nikmat yang bisa diterima oleh para konsumen mereka.

cara membuat saus steak lada hitam

Selain rasa lezat dari daging steak sendiri, saus steak memang mendukung kenikmatan masakan tersebut secara keseluruhan. Saus dengan takaran yang tepat mampu mengambil hati para konsumen. Bisa dikatakan cara membuat saus steak memiliki andil besar bagi kenikmatian steak itu sendiri. Steak sebenarnya dapat disajikan pada berbagai kesempatan, termasuk saat berkumpul bersama keluarga. Menu inipun tak melulu harus dibeli dari restoran ternama, Anda pun dapat mengolahnya sendiri. Daging steak dapat Anda buat dari pilihan daging sapi maupun ayam, sesuai dengan selera. Cara mengolahnya pun cukup gampang, yakni dengan mengiris tipis daging sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu panggang dengan api yang pas, setelah dilumuri garam serta lada.

Langkah & Cara Membuat Saus Steak

Untuk pendamping menu steak, Anda bisa merebus beberapa sayuran. Biasanya steak akan cocok disajikan bersama beberapa sayuran rebus, seperti wortel, brokoli ataupun kacang panjang. Anda bisa pula menambahkan kentang tumbuk sebagai sumber karbohidrat. Sedangkan saus steaknya dapat dibuat dengan cara membuat saus steak dari lada hitam. Mengapa harus lada hitam? Sebab lada hitam memiliki rasa pedas dan gurih yang berbeda dari rasa cabai pada umumnya. Apalagi bubuk lada hitam tak perlu diolah terlebih dahulu, cukup ditambahkan ke dalam saus. Dengan tambahan beberapa bahan lainnya, saus steak lada hitam yang khas dan nikmat siap disantap.

  • Pertama-tama, Anda bisa menumis bawang bombay menggunakan margarin atau mentega. Tumis bawang sampai mengeluarkan wangi khas.
  • Setelah itu masukkan sedikit tepung terigu sembari diaduk, agar tidak menggumpal.
  • Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga saus terlihat mengental.
  • Masukkan pula bumbu tambahan, seperti gula, garam, kaldu bubuk, lada hitam, pala bubuk dan saus tomat.
  • Aduk semuanya sampai mendidih dan mengental sempurna, jangan sampai gosong. 
  • Sajikan bersama daging steak yang telah dipanggang sebelumnya.

Selain menambah citarasa, cara membuat saus steak lada hitam juga akan menambah nilai plus pada penyajian. Tidak begitu sulit bukan, bahkan sangat mudah dibuat sendiri di rumah Anda.