Cara Ternak Ayam Organik yang Baik

Cara ternak ayam organik yang baik – mungkin sudah banyak yang tahu tentang inovasi terbaru dalam berternak ayam, utamanya berternak ayam kampung organik. Sekarang Anda bisa melakukandan usaha ternak ayam kampung organik ini dengan mudah. “Bagaimana caranya? Bagaimana merawatnya dengan metode yang baik?” okey, semua pertanyaan kalian bakal saya bahas disini. Kalian pasti akan bertanya kenapa di sebut organik dan seperti apa ayam kampung organik itu? Banyak orang bilang kalau organik itu indentik atau berbau dengan pakan dan perawatan yang mahal, memang benar kalau untuk pakannya bisa di katakan demikian, tapi untuk perawatannya tenang saja tidak semahal yang kalian bayangkan kok.

  1. Memilihan bibit unggul

Untuk menjadikan ladang bisnis yang menguntungkan tentu saja awalnya kita mulai dengan memilih bibit unggul yang baik dan berkualitas. Untuk ayam kampung ini juga ada ciri-ciri ayam yang baik, ciri-ciri tersebut dapat dilihat dari telur yang menetas pada waktu yang tepat, ayam tidak memiliki cacat fisik, mata yang cerah dan bagus, berdiri tegap dan aktif bergerak atau lincah, sehat, dan memiliki bulu yang mengkilap. Usahakan kalian memilih bibit unggul seperti yang saya sarankan jika akan memulai untuk berternak ayam kampung organik tersebut.

  1. Menyediakan kandangnya

Untuk memelihara atau berternak ayam kampung tidaklah sama seperti memelihara ayam potong atau broiler. Cara ternak ayam organik ini  memang berbeda. Ayam kampung ini cenderung harus sering dilepas atau di umbar supaya sehat dan mempercepat pertumbuhannya dengan baik. Tentu beda dengan ayam potong atau broiler yang banyak menghabiskan waktunya di dalam kandang. Dalam pemilihannya pun kandang ternak ayam kampung organik ini biasanya lebih persis dengan kandang ayam kampung lainnya. Untuk menghindari stres dan persebaran virus, pertama yang kalian harus akukan yaitu dengan menentukan lokasi kandangnya.

Cara ternak ayam organik

Untuk memelihara ayam yang baik di usahakan apapun jenisnya kandang ayam tidak boleh terlalu lembab harus di usahakan kering dan bersih. Mengapa seperti itu? Karena jika kandang ayam lembab akan memermudah tumbuhnya bakteri dan spora yag akan mengakibatkan kesehatan ayam terganggu.

Selanjutnya hal yang harus di perhatikan untuk menyediakan kandang yaitu dengan membersihkan kandang agar tetap bersih dan kering. Agar ayam sehat dan bugar bersihkanlah kotoran ayam setiap hari. Hal ini memang wajib dilakukan mengingat ayam organik ini harus bersih agar kesehtannya tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Ayam ini pun harus terbebas dari bahan-bahan yang mengandung kimia seperti vaksin ataupun vitamin. Memelihara ayam ini pun di usahakan harus sesuai dengan umurnya agar menghindari stress dari lingkungan dan kesehatannya. Hal terakhir yang wajib di perhatikan juga dengan memberikan ruang yang sangat luas untuk mengumbar, karena ayam kampung ini lebih senang berada di luar kandang.

  1. Memperhatikan pakan ayam

Kebanyakan perternak ayam memncampurkan pakan ayam dengan bahab-bahan herbal seperti daun pepaya dan sebgaian lainnya. Bisa juga kalian memberikan pakan buatan pabrik tapi sudh pasti harganya berbeda ya. Namun banyak kalngan umum memakai pakan seperti bekatul, dedak, sisa nasi dan makanan lain yang biasanya dijadikan pakan ternak ayam kampung. Pakan juga harus di berikan sesuai umur dan ketepatan waktu yang sesuai. Jangan sampai keliru untuk memberikan pakan pada anak ayam yang baru ber usia 0 sampai 60 hari. Karena biasanya yang memiliki umur 0 sampai 60 hari di berikan pakan dari buatan pabrik seperti BR karena lebih halus dan lebih mudah untuk di cerna oleh mereka.

Demikianlah cara ternak ayam organik yang baik, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang akan memulai berternak ayam kampung organik ini, terimakasih.