10 Panduan Berhasil Menulis Surat Lamaran untuk Kerja di Luar Negeri

Menulis resume atau CV dan surat lamaran kerja (cover letter) memanglah tidaklah hal yang gampang. Terlebih, menulisnya dalam bhs asing! Tentu lebih menantang sekali lagi.

Namun, berani keluar dari zone nyamanmu untuk ikuti mimpi bekerja diluar negeri yaitu hal yang begitu mengagumkan, serta juga akan membayar semua usaha serta jerih payahmu. Serta kami disini siap membantumu untuk mencapai berhasil!

Untuk berhasil memperoleh pekerjaan yang diimpikan, umumnya diawali dengan aplikasi yang baik. Serta umumnya aplikasi yang baik dengan diawali riset dan riset! Artikel ini yaitu titik baik untuk mulai penelitianmu karna anda juga akan belajar sebagian trick berguna tersebut :

1. KNOW YOUR RESUME FROM YOUR CV

Meskipun resume serta CV sering dipakai untuk menukar keduanya dalam bhs Inggris. Sesungguhnya, mereka tidaklah dokumen yang sama.

CV yaitu daftar karier, pendidikan, serta penghargaan yang anda punyai dengan detail. CV meliputi semuanya yang sempat anda lakukan serta tetaplah sama meskipun anda melamar pekerjaan yang berlainan. Bila CV yaitu film panjang tentang kariermu, jadi resume yaitu trailer filmnya. Resume lebih pendek serta singkat dibanding CV, serta berisi juga beralih sesuai dengan pekerjaan yang juga akan anda lamar. Resume umumnya cuma meliputi histori karier serta ketrampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan spesifik, jadi pertimbangan dari orang yang juga akan mewawancaramu.

2. AND KNOW WHEN TO USE WHICH

Tidak cuma itu saja, resume serta CV dipakai dengan berlainan didunia. Menurut website Undercover Recruiter, beberapa orang di Amerika Utara umumnya lebih sukai resume (terkecuali pada lowongan kerja dinyatakan anda butuh kirim CV), sedang beberapa orang di UK, Irlandia, Eropa, serta Selandia Baru umumnya lebih sukai CV. Jadi penambahan, beberapa orang di Australia, India, serta Afrika Selatan berasumsi ke-2 dokumen jadi hal yang sama. Biasanya, resume umumnya lebih popular di bidang privat, sedang CV lebih popular di bidang service umum (public service). Tetapi, juga akan senantiasa tambah baik untuk ajukan pertanyaan pada kantor HR atau rekan yang tinggal di kota tempat anda juga akan melamar pekerjaan, dokumen mana yang tambah baik anda serahkan.

3. PICK THE RIGHT LANGUAGE

Catat aplikasi dalam bhs sesuai sama iklan lowongan pekerjaan itu. Anda senantiasa dapat menaikkan versus terjemahan bila iklan lowongan tidak ditulis dalam bhs lokal sesuai sama tempat pekerjaan tersebut. Umpamanya, bila anda menjawab satu iklan dalam bhs Inggris untuk pekerjaan yang berada di Jerman, jadi anda dapat menulis dalam bhs Inggris serta bhs Jerman. Tetapi, bhs Inggris tetaplah jadi bhs paling utama. Diluar itu, anda dapat memberikan tautan ke profil Linkedin dalam bhs ke-2 yang anda kehendaki.

4. CUSTOMIZE, CUSTOMIZE, CUSTOMIZE

Senantiasa cocokkan aplikasi pekerjaanmu sesuai sama negara maksud, tempat, serta perusahaan yang anda menuju. Bila aplikasimu berlainan dengan yang beda, jadi manajer yang membacanya juga akan tahu bila anda telah lakukan riset menyeluruh, serta itu yaitu nilai plus! Tentukan sisi paling baik serta paling relevan dari histori kariermu untuk menulis resume serta surat lamaran yang juga akan memperoleh perhatian si manajer yang memfilter aplikasi. Janganlah lupa ubah serta baca kembali hasil tulisanmu serta jauhi kekeliruan sekecil apa pun.

5. BE OPEN ABOUT YOUR WORK PERMIT AND LANGUAGE SKILLS

Berikan status visa yang anda punyai serta nyatakan surat ijin kerja yang anda punyai. Janganlah menyembunyikan info ini karna si perekrut juga akan tahu juga selanjutnya. Hargai saat mereka dengan membagi info ini dimuka. Demikian pula dengan ketrampilan bahasamu. Bila anda menyebutkan kalau anda fasih bhs spesifik, orang yang mewawancaramu juga akan ketahuinya. Ini tidaklah tempat untuk berbohong atau terlalu berlebih mengenai ketrampilan yang anda punyai.

6. PLAY BY THE PHOTO RULES

Memberikan photo profesional serta berkwalitas pada lamaran kerja bukanlah senantiasa adalah inspirasi bagus. Di Amerika, Kanada, UK, serta Australia, janganlah memasukkan photo. Di Jerman serta Perancis, berikan photo. Ingat! Kerjakan riset serta cari info terlebih dulu! Sangat banyak aplikasi yang dibuang karna photo yang yang tidak sesuai sama ketentuan main. Bila anda tidak percaya mengenai photo, anda senantiasa dapat memberikan tautan profile LinkedIn di header resumemu. Begitu, si perekrut bisa lihat fotomu bila dibutuhkan.

7. MEET THE ULTIMATE SHORTCUT FOR EUROPEAN COUNTRIES

Bila anda menginginkan bekerja di Eropa, kunjungilah website Europass, yang sediakan beragam service on-line yang juga akan membantumu dalam mempersiapkan semuanya dokumen yang dibutuhkan untuk menunjukkan ketrampilan yang anda punyai. Website itu juga mempunyai beragam tips (template) untuk CV serta surat lamaran kerja yang sesuai sama standard Eropa.

8. SWEAT THE LITTLE THINGS

Saat lakukan riset, cermati detail kecil yang dapat membawa lamaranmu menuju berhasil atau kegagalan. Umpamanya, di Jerman, anda mesti menulis tanggal serta di tandatangani CV dibagian bawah. Pada banyak negara Eropa, anda diinginkan menulis info mengenai umur (tanggal lahir), status pernikahan, serta bahkan juga jumlah anak (bila miliki). Tetapi, janganlah beberapa cobalah menulis semuanya info ini bila anda menginginkan melamar pekerjaan di Amerika! It’s a deal breaker! Banyak hal beda yang berlainan dari negara satu ke negara yang lain yaitu maksud karier (career objective), rujukan, nilai di skolah (check konversi nilai di sini), dan jumlah dokumen yang dibutuhkan. Jadi, perlu untuk lakukan riset sebelumnya melamar pekerjaan yang anda kehendaki!

9. GET THE NUMBERS RIGHT

Mari kita konsentrasi pada detail. Anda juga akan memperoleh nilai plus bila memberikan kode negara pada nomor teleponmu, serta bahkan juga bila memberikan ketidaksamaan saat pada tempatmu serta tempat si perekrut. Sala perihal dengan posisi tanggal (dari, bulan, th.). Pakai posisi yang sesuai sama ketentuan yang benar di negara tempat lowongan kerja. Ini juga akan tunjukkan anda sudah lakukan PRmu serta benar-benar yaitu seorang yang detail-oriented.

10. ASK FOR HELP

Tiap-tiap surat lamaran kerja mesti di check serta di baca berkali-kali untuk hindari semua kekeliruan yang mungkin saja berlangsung. Bila dapat, cari native speaker dari bhs yang anda pakai dalam resumemu untuk menolong mengecek isi resume serta suratmu. Bila anda begitu serius dengan lamaran pekerjaanmu, jadi menyewa penulis resume profesional dapat jadi investasi yang baik untuk kariermu.