Tips Pemeliharaan Sistem Pemanasan dan Pendingin

Sistem pemanas dan pendinginan biasanya bebas masalah dan mudah perawatannya. Operasi yang efisien adalah fungsi perawatan rutin yang baik. Apapun jenis sistem pemanas dan pendinginan yang Anda miliki, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga sistem dalam kondisi prima.

Anda memerlukan beberapa alat dan bahan, termasuk obeng, senter, tang, kunci pas, palu, tingkat, surat kabar, kain lap, sikat, dan penyedot debu. Beberapa bahan khusus juga dibutuhkan: oli motor, sabuk kipas, semen tahan api, dan lakban. Bahan-bahan ini tersedia di sebagian besar toko perangkat keras, pusat perbaikan rumah dan mungkin di distributor mesin pendingin dan pemanas.

Bila kerusakan sistem pemanas atau pendingin, salah satu dari tiga komponennya – sumber panas / dingin, sistem distribusi, atau termostat – dapat menyebabkan masalah. Jika tungku atau pendingin udara tidak menyala, kerusakan mungkin terjadi pada sumbernya. Tungku atau AC mungkin telah kehilangan daya. Bahan bakar mungkin tidak sampai ke unit. Jika bahan bakar adalah gas atau minyak, mungkin tidak menyala. Jika tungku atau AC menyala namun udara hangat atau sejuk tidak sampai ke kamar di rumah Anda, masalahnya mungkin adalah blower atau sistem distribusi. Dan kontrol yang salah, atau termostat, bisa membuat sistem tidak menyala atau bisa menyebabkannya menyala dan mati berulang kali. Apapun masalahnya, mulailah dengan prosedur yang paling sederhana. Dalam kebanyakan kasus, yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dan akal sehat.

Kotoran adalah musuh terbesar sistem pemanas dan pendinginan rumah Anda. Ini bisa menyia-nyiakan bahan bakar dan menurunkan efisiensi secara drastis. Kotoran mempengaruhi ketiga komponen dasar sistem, jadi pembersihan adalah bagian terpenting dari perawatan rutin. Pelumasan dan penyesuaian sabuk di tungku juga penting. Sumber panas / dingin adalah bagian yang paling rumit dari sistem pemanas dan pendinginan, dan ini bagian yang paling mungkin akan mengalami kelalaian. Masalah di bidang ini juga dapat menyebabkan masalah distribusi. Apapun sumber panas / dingin yang digunakan sistem Anda, berikan perhatian secara teratur untuk mencegah masalah. Kiat pengaman dan teknik perawatan biasanya juga dijelaskan oleh distributor mesin pendingin / pemanas awal yang baik untuk merawat sistem pemanas dan pendinginan Anda.