Cara Membuat Launcher Android Lebih Ringan dan Smooth

Tema atau launcher merupakan tampilan pada smartphone android yang dapat kita ganti sesuka hati kita. Terdapat banyak sekali tema yang bisa kita download di play store mulai dari tema transparan, tema smooth, tema yang ringan, tema 3d dan bahkan tema yang memiliki material design yang lebih berat. Tentu yang memiliki size lebih besar akan memiliki tampilan yang keren dan juga HD. Tapi itu semua kembali ke pengguna, apakah dia lebih mementingkan tampilan daripada kinerja atau sebaliknya?

Cara Membuat Launcher Android Lebih Ringan dan Smooth

Nah masalahnya, banyak keluhan dari pengguna tema yang mengeluhkan bahwa launcher yang digunakan terlalu berat dan juga terlalu banyak iklan (solusi biar iklan gk tampil ya matikan koneksi internet) sehingga membuat ponsel yang cuma memiliki ram 1GB kebawah bisa berasa lemot sekali saat di buat facebookan atau main game. Kadang yang lebih parah lagi launcher tersebut crash dan tutup sendiri atau not responding.

Dan berikut ini kami memiliki beberapa tips yang bisa anda terapkan pada android anda yang ingin kinerja launchernya lebih ringan dan smooth lagi.

Nonaktifkan data saat menggunakan launcher

Launcher yang berat terkadang bukan hanya karena kinerja ram yang berlebihan, tapi bisa jadi juga karena terlalu lama memuat iklan dari launcher tersebut. Karena sangat jarang kita temui launcher yang di edarkan dengan cara gratis tanpa iklan.

Sesekali cek kapasitas ram saat menggunakan launcher

Terkadang kalau lama-lama pake tema yang berat pasti akan berpengaruh ke RAM yang penuh dan akibatnya jadi “force close” jadi saya sarankan sering cek ram dan bila perlu lakukan kompres ram menggunakan aplikasi seperti Clean Master. Dimana aplikasi tersebut bukan cuma bisa clear rama saja, namun juga bisa clear cache.

Gunakan launcher ringan namun keren

Saya menemukan sebuah website www.andro-pop.com dimana di web tersebut terdapat 5 rekomendasi launcher yang ringan namun keren. Jika anda ingin lihat, silahkan klik disini dan pilih mana saja yang menurut anda bagus dan yang penting cocok dengan hp yang anda gunakan.