Saat Rumah Ditinggal Mudik, Lakukan Ini Untuk Cegah Kebakaran

Pada Idul Fitri, tak sedikit penduduk memanfaatkan peluang ini setahun sekali untuk kembali ke kampung halaman mereka untuk masih berafiliasi dengan kerabat. Tak mampu disangkal, saat pulang rumah sangat tak mampu dihuni.

Dalam kaitannya dengan pencegahan kebakaran saat rumah ditinggalkan oleh warga, Kantor Manajemen Bencana serta Kebakaran (Diskar PB) Bandung menunjukkan tip yg aman bagi mereka yg meninggalkan rumah mereka untuk waktu yg lama.
Kepala Diskar PB Kota, Ferdi Ligaswara, mengungkapkan bahwa faktor mutlak yg butuh dipertimbangkan saat meninggalkan rumah merupakan untuk memastikan semua peralatan elektronik dimatikan.
“Pastikan perangkat elektronik dimatikan. Jangan lupa periksa kompor gas, pastikan telah tak dinyalakan,” kata Ferdi, Jumat, 8 Juni 2018.

Baca juga : IELTS Task 1, TOEFL Speaking Sample, TOEFL Reading Practice

Ujung berikutnya, gunakan lampu otomatis untuk teras alias taman rumah. Ini merupakan jalan memutar ke pencuri supaya rumah tak terkesan kosong.
“Jangan lupakan jendela, pintu serta pintu rumah,” katanya.
Kemudian, biarkan no telepon dengan RT alias petugas keamanan dihubungi dengan mudah apabila terjadi sesuatu. “Anda punya fauna peliharaan, tinggalkan layanan perawatan hewan,” katanya.