Green Canyon Pangandaran Surga Yang Indah di Jawa Barat

Wisata Jawa Barat – Petualangan seru serta wisata alam di Green Canyon Pangandaran, eksplorasi gua serta lokasi karst, body rafting serta wisata pantai. Pangandaran yaitu satu diantara lokasi karst yang berada di zone selatan Jawa, terkecuali Pangandaran (Ciamis) Jawa Barat mempunyai lokasi karst yang lain di daerah Purwakarta serta Cibinong.

Lokasi dengan ekosistem karst ini mempunyai keanekaragaman hayati serta kekayaan ekosistem yang masih tetap belum juga tersingkap semuanya. Satu diantara ciri yang begitu menonjol pada lokasi ini yaitu mempunyai banyak gua dari sistem bentukan alam dengan lansekap yang unik.

Asal-Usul Green Canyon

yaitu Cukang Taneuh, satu diantara lansekap tropis yang unik terdapat di desa Kertayasa, Ciamis, Jawa Barat. Nama lokal yang bermakna jembatan tanah dengan lebar 3 mtr. serta panjang 40 mtr., jadi fasilitas penghubung orang-orang dari desa Kertayasa dengan desa Batu Karas.

 

Nikmati fresh serta beningnya Sungai Cijulang

Untuk orang-orang setempat, fenomena alam ini dipandang umum saja sebatas memakai peranan penghubung antar dua desa yang berdekatan. Namun juga akan jadi lain bila sekumpulan pelancong dari Perancis yang bertandang ke tempat ini, yang pada akhirnya mulai sejak 1993 mereka melejitkan tempat ini dengan nama populernya Green Canyon.

Green Canyon terjadi dari hasil sistem pelarutan batuan kapur dari sungai bawah tanah yang mengalir di antara celah serta ceruk bebatuan. Sistem ini berjalan sepanjang beberapa ribu th. hingga membuat ngarai serta menembus batuan karst hingga membuat beberapa ornament cantik seperti stalagtit serta stalagmit.

Air Sungai Cijulang yang melewati Green Canyon begitu jernih dengan lumut yang melimpah hingga memengaruhi warna air jadi hijau tosca, ini yang jadikan argumen Cukang Taneuh dikenalkan dengan nama brandingnya Green Canyon.

Menuju Green Canyon

Menuju ke green canyon dapat di tempuh Dari Jakarta atau Bandung sebagai salah satu kota besar di Indonesia, rute paling sering di lalui atau utama menuju Green Canyon yaitu mengambil rute ke arah Pangandaran. Dengan total jarak yang harus di lalui sekitar 31 km dari Pangandaran, Namun bila Anda memakai transportasi lokal umum, dari terminal Pangandaran, silakan cari minibus yang menuju terminal Cijulang dan di lanjutkan lagi dengan naik ojek ke lokasi wisata green canyon pangandaran . Ada sarana parkir yang luas serta mencukupi untuk wisatawan yang memakai bus besar, berseberangan dengan tempat parkir anda masuk dermaga atau loket masuk menuju object wisata Green Canyon.

Cost Masuk Object Wisata Green Canyon

Setelah itu anda juga akan membayar restribusi masuk tempat wisata Green Canyon serta menyewa perahu. Setiap perahu dapat di isi lima orang wsatawan dewasa yang nantinya juga akan di antar melihat keindahan sungai Cijulang dari atas perahu untuk menuju Green Canyon pangandaran dengan trek sejauh 3 km atau biasa ditempuh  dengan kurun waktu 30-45 menit.

Harga ticket masuk sebesar Rp. 150. 000, – termasuk juga sewa perahu antar jemput dengan kemampuan maksimum 6 (enam) orang. Bila dengan penambahan kesibukan berenang, Semi Body Rafting ada penambahan sebesar Rp. 350. 000, – (1 perahu – 6 orang) jadi cost penambahan sewa peralatan safety serta pemandu lokal.

Sehari-hari, loket wisata Green Canyon dibuka mulai 07. 30 WIB – 16. 00 WIB, terkecuali hari Jum’at semuanya kesibukan diawali selepas beribadah sholat Jum’at 13. 00 WIB.

Dari dermaga (loket), anda juga akan mengarungi beningnya Sungai Cijulang diantar dengan perahu motor. Pengarungan meniti selama kira-kira 3 km atau kurun waktu 30-45 menit, anda juga akan dimanja oleh pemandangan  keasrian alam sekitaran green canyon, di selama jalur sungai Cijulang yang akan anda saksikan di atas perahu  didominasi oleh warna hijau yang menyejukan mata dan rimbunnya rimba serta lebatnya pohon yang melindungi sungai. Kadang-kadang tampak kadal besar biawak tengah repot berburu mangsa.

Kesibukan Seru di Green Canyon

 

Di akhir perjalanan, perahu juga akan masuk celah sempit di antara batu besar yang memisah sungai, ada petugas yang berjaga di atas batu untuk mengatur lalu-lintas perahu dengan bendera, seperti di persimpangan trafic light bila di jalan raya. Perahu motor mesti masuk jalur satu-persatu untuk melindungi tidak sama-sama bertabrakan. Namun Anda juga dapat menggunakan paket wisata green canyon yang di tawarkan oleh beberapa travel organizer.

 

Serunya Body Rafting di Green Canyon

 

Perjalanan perahu berhenti diantara arus sungai yang deras serta bongkah batu besar yang mengapitnya. Anda telah ada di goa atau lorong batu serta segera melihat ngarai hijau yang spektakuler. Setelah itu terserah anda, cukup senang bertengger di pulau batu atau meneruskan pengarungan dengan berenang?. Tidak mesti betul-betul dapat berenang, karna bila anda memanglah dapat berenang meskipun, prosedur keselamatan memakai pelampung juga akan diputuskan, ketentuan yang lain yaitu mesti didampingi oleh pemandu lokal.

Panduan Wisata ke Green Canyon

 

Saat yang paling pas ber-wisata ke Green Canyon yaitu waktu musim kemarau. Bila musim hujan serta berlangsung luapan air sungai, pada batas spesifik Green Canyon juga akan ditutup untuk pengunjung untuk keamanan.
Setiap weekend (sabtu-minggu) lebih-lebih waktu berlibur Nasional serta sekolah, Green Canyon sarat dengan pengunjung. Bila saat memanglah tidak dapat pilih sekali lagi supaya lebih leluasa sepanjang kesibukan Body Rafting, upayakan dapat mulai lebih pagi.
Siapkan uang yang cukup, object wisata ini belum juga ada ATM, baiknya disiapkan seperlunya karna ATM paling akhir bisa didapati di SPBU di dalam perjalanan Pangandaran – Cukang Taneuh.
Pergi dengan rombongan pasti lebih memperingan cost sewa perahu (Rp. 150. 000, -) di banding berdua atau sendiri.
Peralatan perlu yang jangan pernah ketinggal yaitu baju ganti serta sudah pasti camera tahan air. Bila cuma camera umum atau ponsel, beberapa pemandu juga akan menyiapkan drybag serta melindungi tetaplah aman dari air.
Bila dengan rombongan kecil, pikirkan malam terlebih dulu bermalam di pantai Batu Karas, yang jaraknya tidaklah terlalu jauh cuma 10 menit dengan kendaraan pribadi. Persiapan pagi menuju Green Canyon lebih gampang serta bisa bonus panorama pantai yang hening.