Serunya berkunjung ke kebun binatang gembira loka

Sejarah Gembira Loka

Cikal bakal berdirinya kebun binatang gembira loka ini berasal dari Ide Sri Sultan Hamengku Buwono ke VIII yang menginginkan adanya sebuah tempat hiburan yang berupa ruang terbuka yang nantinya akan dinamakan dengan Kebun Rojo.

Nah, setelah kepemimpinan Jogjakarta berganti ke Sri Sultan Hamengko Buwono ke IX yang bekerja sama dengan seorang insinyur berkebangsaan Belanda yang bernama Ir. Karsten berusaha mewujudkan keinginan Sri Sultan HB VIII tentang kebun Rojo.

Kemudian dipilihlah lokasi Kebun Rojo ini disebelah barat kali Winongo karena dianggap sangat ideal untuk didirikan Kebun Rojo ini. Proses pembangunan Kebun Rojo ini sempat terhenti karena adanya dampak perang dunia ke II serta kependudukan Jepang di Indonesia.

Pada tahun 1949 setelah perang dunia ke II selesai, ide untuk merampungkan Kebun Rojo ini kembali muncul dan sebagai kenang kenangan kepada masyarakat atas berjasanya Jogjakarta yang sempat menjadi Ibukota Republik Indonesia.

Namun realisasinya baru bisa dirasakan oleh masyarakat pada tahun 1953 dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta  yang kemudian melanjutkan proyek pembangunan Kebun Rojo yang tertunda.

 

Penasaran dengan hewan yang ada di kebun binatang gembira loka?

Ada banyak koleksi satwa-satwa yang dipamerkan di kebun binatang Gembira Loka seperti Gajah, Orang Hutan, Species Reptil dan amfibi, Berbagai macam species Ikan, Tapir, Harimau, Aneka satwa burung,buaya, kura-kura, Onta, dan yang terbaru adalah satwa Pinguin yang tentunya unik dan menggemaskan.

gembira loka

Berapa harga tiket masuk kebun binatang gembira loka?

untuk info detailnya kamu bisa melihat tabel harga tiket yang dikeluarkan oleh pengelola Gembira Loka dibawah ini.

kalender gembira loka

Note : untuk anak usia kurang dari 3 tahun tidak dikenakan tiket masuk.

Fasilitas Gembira Loka Apa saja?

Banyak sekali fasilitas seru yang ditawarkan di Gembira Loka ini mulai dari akses wifi gratis, food courd yang menjajakan aneka kuliner, mushola serta toilet yang layak, disamping itu ada fasilitas lain seperti perahu katamaran, speed boad, mobil keliling atau Taring, ATV dan bumper Boat.

Taman Rekreasi Gembira Loka ini sangat cocok untuk wisata keluarga, selain itu akan menambah wawasan anak akan keanekaragaman satwa yang ada di Indonesia. Nah, apakah sudah ada rencana untuk berkunjung ke gembira loka?

info : https://jpswisata.com